WHAT'S NEW?
Loading...

Tipe Data dan Operator

      A.   Landasan Teori

 Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Contoh tipe data dalam dunia nyata adalah bilangan bulat. Jika sebuah data, misalnya umur, harus berupa bilangan bulat maka dapat dipastikan bahwa 25, 13, 7 dapat menjadi nilai umur, sedangkan 7.5, 19.655 bukan merupakan contoh dari nilai umur.
Tipe data dasar adalah tipe data yang dapat langsung digunakan. Secara umum terdapat 2 tipe data dasar, yaitu numerik dan kategorik. Tipe data numerik terdiri atas angka/ kumpulan angka serta dapat mengalami operasi perhitungan, sedangkan tipe data kategorik dapat berupa angka maupun huruf namun tidak dapat mengalami operasi perhitungan. Berikut merupakan contoh beberapa tipe data dasar :
Integer/ bilangan bulat
Integer adalah tipe data dasar berupa bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal. Tipe data ini juga memiliki urutan, sehingga dapat dibandingkan satu dengan lainnya.
 tipe data integer tidak memiliki batasan, yaitu dari minus tak hingga hingga plus tak hingga. Namun dalam pemrograman yang menggunakan bahasa pemprograman C++, secara umum dikenal beberap macam tipe data integer, yaitu:


Real adalah tipe data dasar berupa bilangan yang memiliki pecahan desimal. Dalam pemrograman, nilai dengan tipe data ini harus ditulis dengan sebuah titik sebagai pemisah bilangan utuh dan bilangan pecahannya.
 Tipe data ini digunakan untuk perhitungan yang melibatkan bilangan pecahan, seperti perhitungan kosinus, akar persamaan, dan sebagainya. Tipe data ini juga memiliki urutan, sehingga dapat dibandingkan satu dengan lainnya.
Nilai pada tabel diatas berbeda dengan nilai yang ada pada tabel tipe data integer, pada tabel diatas nilai untuk tipe data merupakan tingkat ketelitian untuk masing-masing tipe data, bukan berdasarkan rentang nilai.

Char/ Karakter
 Char adalah tipe data dasar yang terdiri atas satu buah angka, huruf, tanda baca atau karakter khusus.
 Untuk menyimpan sebuah karakter, diperlukan 1 byte atau 8 bit tempat didalam memori. Dalam sebuah program, penulisan tipe data char diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ganda. Selain itu, terdapat sebuah karakter kosong yang disebut dengan null atau nil dan dituliskan sebagai “ ”.

.
String

String adalah tipe data dasar yang berupa kumpulan karakter dengan panjang tertentu. Meskipun berupa kumpulan karakter, karena tipe data string sering digunakan dalam pemrograman, string dianggap sebagai tipe data dasar. Untuk penyimpanan string didalam memori, dibutuhkan 1 byte untuk tiap karakternya. Serupa dengan penulisan karakter, penulisan sebuah string juga harus diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda. String juga mengenal null yang dituliskan dengan “”.

Boolean/ bilangan logika

Sebuah data boolean memiliki tepat dua buah kemungkinan nilai, direpresentasikan sebagai Benar dan Salah, atau True dan False, atau dapat juga dilambangkan dengan 1 dan 0. Tipe data ini dapat digunakan untuk pemilihan dengan kondisi-kondisi tertentu, dimana program harus memilih aksi apa yang akan dijalankan dengan parameter tertentu.
Tipe data ini paling sering digunakan untuk range yang memili dua buah
nilai: lulus - tidak lulus, member – bukan member,Variabel
B. Variabel atau peubah

adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Pada saat sebuah variabel dideklarasikan, program ‘memesan’ tempat dengan ukuran tertentu (sesuai tipe datanya) pada memori untuk menyimpan nilai dari variabel tersebut. Dalam bentuk flowchart, deklarasi variabel digambarkan sebagai sebuah
proses.

Konstanta
Pada variabel, nilai yang disimpan dapat berubah-ubah selama program dijalankan. Sedangkan pada pada konstanta, nilai yang disimpan tetap dan tidak dapat diubah sejak dideklarasikan hingga program berakhir. Setelah sebuah konstanta dideklarasikan, konstanta dapat digunakan dalam program dan nilainya selalu tetap. Deklarasi konstanta dalam flowchart digambarkan sebagai sebuah proses

Operator
Operator adalah pengendali operasi yang akan dilakukan pada beberapa operan sehingga membentuk sebuah ekspresi. Secara umum, dalam sebuah ekspresi terdapat sebuah operator yang diapit dua operan.

Operator Assignment
Dalam pemprograman bahasa C++, Operator ini digunakan memasukan nilai kedalam sebuah variabel, tanpa menghilangkan atau mengosongkan nilai variabel sebelumnya.

B.    Hasil Tugas
1.      Kerjakan program pembentukan variabel,konstanta berikut, analisa scren shot program dan hasilnya pada laporan.
a.       Ukuran Type Data




b.      Operator Aritmatika

c.       Type Data String

d.      Operator Aritmatika

e.       Deklarasi Konstanta


f.        Deklarasi Konstanta

g.      Type Data Signed dan Unsigned


2.      Kerjakan program implementasi operator berikut, analisa scren shot program dan hasilnya pada laporan.
a.        





b.       

c.        










d.       

e.        

f.         

3.      Output dari 4 + 7 * 10 – 5 mod 13
    

4.      Jelaskan tentang konsep runtunan dalam eksekusi sebuah program.
Secara umum, program akan dibaca dan dieksekusi secara berurutan baris demi  baris.Tetapi  sifat program membaca  dan mengeksekusi berurut terus per baris ini dapat diubah, dengan memberikannya perintah untuk tidak membaca sesuai urutan. Hal ini dapat dilakukan dengan struktur pemilihan, struktur pengulangan, dan lain-lain.


5.      Output dari x * 3 + (7 mod 5) * y dengan x -> 5 dan y ->3

6.      Lengkapi program dibawah ini.
















C.   Analisa
1.      Kerjakan program pembentukan variabel,konstanta berikut, analisa scren shot program dan hasilnya pada laporan.
a.        
o   #include <iostream>
Preposesor.
o   Sizeof
Digunakan untuk mengetahui suatu ukuran data.
o   Type Data
Int(bilangan bulat).char(1 Karater).
b.       
o   a adalah nama variable yang memiliki type data interger dan memiliki nilai 6.
o   b adalah nama variable yang memiliki type data interger dan memiliki nilai 3.
o   c adalah nama variable yang memiliki type data interger dan memiliki nilai 2.
o   result adalah nama variable untuk menampung hasil dari operator pengurangan.
c.        
o   mystring adalah nama variable yang memiliki type data string yang mana dapat menampung karakter.
o   #include <string> digunakan untuk mendeklarasikan atau memanggil header untuk type data string bila digunakan.
d.       
o   Const adalah mendefinisikan suatu variable agar nilai tidak berubah atau mutlak.
o   Const char newline = ‘\n’ adalah untuk jika kita ingin membuat baris baru tinggal menulis <<newline; pada akhir statement.
e.        
o   Const int SIDE adalah mendefinisikan suatu variable agar nilai tidak berubah atau mutlak agar tetap bernilai 50.
f.         
o   #define adalah untuk mendeklarasikan variable dan nilainya.
g.       
o   Short int adalah bilangan bulat dengan denagn nilai -
o   Short unsigned int adalah bilangan bulat dengan nilai positif.


2.      Kerjakan program implementasi operator berikut, analisa scren shot program dan hasilnya pada laporan.

o   a+=2;  yang mana a+ berfungsi untuk menambahkan nilai a.
o   a>b adalah operator untuk menunjukan bahwa nilai a lebih besar dari nilai b.
o   ? adalah
o   #define LENGHT 10 ,#define WIDTH 5 ,#define NEWLINE ‘\n’ ,#define berfungsi untuk mendeklarasikan variable dan nilainya dan mutlak tidak berubah.
o   c++ adalah umtuk menambahkan nilai satu/increment sesudah variable.
o   ++c adalah untuk menbahkan nilai satu/increment sebelum variable.
o   If dan else di gunakan untuk percabangan/decision yang mana untuk memilih program atau statement yang akan diproses selanjutnya.
o   && adalah operator yang mana harus sama sama benar(true).
o   || adalah operator yang mana salah satu benar maka (true).

3.      Output dari 4 + 7 * 10 – 5 mod 13
o   mod adalah operator yang digunakan untuk menghitung sisa hasil bagi.
o   Pada operator  4 + 7 * 10 – 5 %13 jika langsung ditulis seperti itu maka komputer akan memproses sesui prioritas operatornya dan hasil nya 69.Tetapi jika kita menuliskan nya  (4 + 7 * 10 – 5)  % 13 seperti itu maka hasil nya akan benar yaitu 4.Karena komputer belum tentu tau apa yang di inginkan oleh kita,maka untuk itu menbahkan suatu intruksi agar suatu program dapat di eksekusi secara tidak berurutan dengan prioritas operator.

4.      Konsep runtunan
o   program akan dibaca dan dieksekusi secara berurutan baris demi  baris.Tetapi  sifat program membaca  dan mengeksekusi berurut terus per baris ini dapat diubah, dengan memberikannya perintah untuk tidak membaca sesuai urutan. Hal ini dapat dilakukan dengan struktur pemilihan, struktur pengulangan, dan lain-lain.
o   Contoh nya seper ti 4 + 7 * 10 – 5 %13 dan  (4 + 7 * 10 – 5)  % 13,akan menghasilkan nilai yang berbeda.Maka untuk menghindari prioritas operator dengan menambah kan karakter () untuk mendahulukan operator tertentu.

5.      Output dari x * 3 + (7 mod 5) * y dengan x -> 5 dan y ->3
o   Pada khasus ini mod di dahulukan daripada * dengan cara memberi tanda () untukmendahulukan,karena jika tidak maka yang di prioritaskan oleh komputer yaitu operator * terlehih dahulu.
o   Dengan menbahkan () pada suatu operator maka akan mempengaruhi eksekusi atau prioritas suatu operator.

6.      Lengkapi program
Saya melengkapi program yang mana ada kurangnya dalam pendeklarasian variabel dan input,serta menambahkan suatu proses dan menampilkan nya di akhir program.Cara kerjanya adalah dengan memberi masukan atau input lalu program memproses dan menampilkan nya di laya.Saya menggunakan cout untuk menampilkan di layar dan cin untuk memasukan suatu data/inpu.


        D.   Kesimpulan
1.      Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut.
2.      Variabel atau peubah adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Pada saat sebuah variabel dideklarasikan, program ‘memesan’ tempat dengan ukuran tertentu (sesuai tipe datanya) pada memori untuk menyimpan nilai dari variabel tersebut. Dalam bentuk flowchart, deklarasi variabel digambarkan sebagai sebuah
proses.
3.      Konstanta Pada variabel, nilai yang disimpan dapat berubah-ubah selama program dijalankan. Sedangkan pada pada konstanta, nilai yang disimpan tetap dan tidak dapat diubah sejak dideklarasikan hingga program berakhir. Setelah sebuah konstanta dideklarasikan, konstanta dapat digunakan dalam program dan nilainya selalu tetap. Deklarasi konstanta dalam flowchart digambarkan sebagai sebuah proses.
4.      Operator adalah pengendali operasi yang akan dilakukan pada beberapa operan sehingga membentuk sebuah ekspresi.

5.      Runtunan Secara umum, program akan dibaca dan dieksekusi secara berurutan baris demi baris.Namun dengan suatu intruksi atau perlakuan khusus contohnya menambahkan () pada operator tertentu maka akan mengubah prioritas urutan suatu operator.

0 komentar:

Posting Komentar